Yamaha Mencoba Membuat Robot Yang Bisa Melampaui Valentino Rossi

PROMO KREDIT MOTOR YAMAHA DEALER RESMI MUSTIKA MOTOR JAKARTA

yamaha-motobot-throttle-630x354.jpg

AutonetMagz.com – Sesuai judul, ini tidak ada hubungannya dengan kejadian MotoGP baru-baru ini kok. Namun Yamaha sedang menciptakan robot humanoid yang bisa berkendara sendiri dengan motor bahkan memungkinkan untuk melakukna balapan dan cornering pula. Robot dari Yamaha ini diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2015 dan dibaptis dengan nama yang cukup simpel, Motobot.

Yup Motobot memang mengambil basis dari Valentino Rossi yang menjadi rider Yamaha di MotoGP, namun bukan hanya sekedar kloning, Motobot menceritakan keinginannya melampaui kemampuan Rossi dalam skill berkendaranya. Dalam video yang baru saja dirilis Yamaha, mereka ingin menampilkan teknologi advance mereka dalam menyeimbangkan dan menyesuaikan kendaraan dengan tracknya.

yamaha-motobot-back-630x354

Memang dengan Motobot ini bisa dibilang pengendaraan motor bersifat Autonomous alias berjalan sendiri. Walaupun Yamaha R1M yang dikendarai Motobot disesuaikan sedikit agar sang robot bisa mengendalikan dengan presisi, namun goal dari Motobot adalah kendaraan tidak perlu dimodifikasi agar bisa berjalan sendiri. Sehingga nantinya Motobot bisa mengendarai berbagai macam sepeda motor, mungkin naik bebek pun bisa lalu menawarkan anda ojek online.

Secara spesifikasi sebenarnya tidak banyak yang bisa kita gali terhadap Yamaha Motobot. Bicara soal videonya sih memang agak sulit apakah Motobot saat ini sudah 100% berjalan sendiri atau tidak namun yang bisa kita yakini adalah ini sebuah robot yang terus belajar dan terus meningkatkan kemampuan bergeraknya.

yamaha-motobot-front-630x354

Lalu apa alasannya Motobot ini dibuat? Berdasarkan klarifikasi Yamaha, motivasi Motobot dibuat lebih kepada keselamatan pengendara. Yamaha meyakini robot ini dapat berguna untuk menciptakan keselamatan di jalan. Tidak tertutup kemungkinan juga Motobot ini dapat dikomersilkan ke perusahaan, mungkin juga digunakan untuk balap MotoGP esok hari. Hm, saya jadi berandai-andai bila Motobot digunakan untuk balapan “pasar senggol” akan seperti apa ya? Yang jelas kalau crash sesama rider, nggak bakal gontok-gontokan lah ya…. Bagaimana menurutmu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s