Mengenal Kerusakan Mesin Motor 4 tak dari Asap

Asap yang keluar dari knalpot khususnya pada motor 4 tak sebetulnya bisa menjadi salah satu acuan bahwsanya motor itu sedang mengalami masalah atau tidak. Karena banyak dari pengguna motor itu hanya sebatas pengguna, yang artinya selama motor masih bisa jalan pasti dianggap masih sehat, baru setelah motor sakit berat biasanya baru bisa merasakan efeknya.
Nah disini ada cara singkat untuk mengetahui apakah mesin motor 4 tak Honda Lovers bermasalah atau tidak, silahkan coba untuk menyalakan mesin lalu putar gas yang dalam dan tahan selama 4-5 detik sembari lihat apakah ada asap berwarna atau tidak.
Apabila ada, artinya mesin motor Brosis bermasalah dan ketahui lah warna asap tersebut karena jenis kerusakan dapat dideteksi dari sini.Warna asap knalpot berwarna putih
Apabila terlihat asap putih keluar dari knalpot, itu petanda bahwa ada oli mesin yang yang tidak berfungsi semestinya. Seharunya oli mesin tersebut bertugas melumasi transmisi dan komponen mesin lainnya. maka dampaknya yaitu dapat terjadi kerusakan pada ring piston mau pun oli seal mesin.Warna asap knalpot berwarna hitam
Warna hitam pada asap tersebut ditimbulkan karena tidak seimbangnya campuran bensin dan udara.  Dan biasanya, jika knalpot motor mengeluarkan asap hitam, dipastikan motor tersebut lebih boros dari pada semestinya. Solusinya yaitu dengan melakukan penyetelan ulang pada karburator.

Tidak keluar asap sama sekali
Jika kondisinya seperti ini, artinya kondisi motor kita dalam keadaan normal dan aman-aman saja. Kondisi mesin tersebut dalam keadaan baik dan terbebas dari gangguan kerusakan pada mesin.

Iklan

2 thoughts on “Mengenal Kerusakan Mesin Motor 4 tak dari Asap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s